BIMBINGAN TEKNIS KADER DIGITAL KEGIATAN DESA CERDAS TAHUN 2023

  • Mar 31, 2023
  • Admin Desa Modayag II

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kembali melakukan bimbingan teknis untuk peningkatan sumber daya bagi para Kader Digital. Bimbingan Teknis Fase II ini digelar secara serentak mulai dari tanggal 24 Maret hingga 2 April 2023 dan dipusatkan di tiga kota yakni, Jakarta, Surabaya dan Makassar. Jumlah peserta yang mengikuti bimbingan di wilayah Makassar sebanyak 260 orang.

Keseluruhan peserta merupakan perwakilan dari berbagai kabupaten yang tersebar di wilayah timur Indonesia. Kader Desa Modayag II, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow salah satunya. Desa yang terletak di wilayah utara Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ini mempercayakan dan mendelegasi Amelia menjadi peserta perwakilan dalam kegiatan tersebut.

Menurut Amelia, kegiatan Kemendes dan PDTT ini sangat efektif dan membantu para Kader Digital untuk mengembangkan kemampuan agar dapat menciptakan program dan rencana kerja sebagai upaya untuk mewujudkan desa yang berbasis digital.

"Banyak pengetahuan baru yang kami peroleh selama Bimtek, ini menjadi modal awal kami dalam menjalankan tugas nantinya sebagai Kader Digital" terang Amel.

Lebih jauh Amel menyampaikan, melihat kondisi masyarakat saat ini, desa memang sudah seharusnya mulai berbenah dengan segala pelayanan berbasis digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai hal di lingkungan desa. Dengan demikian kata Amel setelah kegiatan ini dilaksanakan, seluruh kader akan kembali ke desa untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapa menciptakan inovasi di desa masing-masing. (*)